Pada era globalisasi saat ini fenomena dominasi dari merek-merek asing di pasar Indonesia sudah seringkali terjadi. Hal ini terjadi karena merek-merek asing sering dianggap memiliki kualitas serta citra yang lebih baik dibandingkan dengan merek lokal, salah satunya MINISO. Dengan menonjolnya kualitas, keberagaman produk, inovasi serta image yang baik membuat banyak konsumen termotivasi untuk melakukan keputusan pembelian pada produk-produk MINISO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh country of origin dan brand image MINISO terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa di Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan 96 responden sebagai sampel. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel country of origin dan variabel brand image berpengaruh secara signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara country of origin dan brand image terhadap keputusan pembelian dengan nilai R sebesar 0,736. Melalui nilai adjusted R square juga diketahui bahwa variabel country of origin dan brand image berkontribusi sebesar 53,2% terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 46,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Copyrights © 2025