Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 3 (2025): MARET 2025

Implementasi Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di SMP Pondok Pesantren Al Ittihad Tawangsari Trowulan Mojokerto

Ali Zainal Abidin (Universitas KH Abdul Chalim, Pacet, Mojokerto)
Solimin (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Urwatul Wutsqo Jombang)
Imam Syafi'i (Universitas KH Abdul Chalim, Pacet, Mojokerto)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2025

Abstract

Upaya dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an agar menjadi unggul, yaitu  melalui program tahfidz. Program ini dirancang untuk melahirkan sosok penghafal Al-Qur’an. Dari program ini berupaya meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa. Salah satu lembaga yang memiliki program tahfidz adalah SMP Pondok Pesantren Al-Ittihad Tawangsari Trowulan Mojokerto. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi program tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di SMP Pondok Pesantren Al-Ittihad Tawangsari Trowulan Mojokerto, serta mengethaui dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program tahfidz untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa pada lembaga tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SMP Pondok Pesantren Al-Ittihad Tawangsari Trowulan Mojokerto. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta foto yang direduksi, disajikan dan diverifikasi hingga dianalisis yang selanjutkan diuji keabsahannya. Dari penelitian dan kajian yang telah dilakukan didapatkan, bahwa implementasi program tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di SMP Pondok Pesantren Al-Ittihad Tawangsari Trowulan Mojokerto dilaksanakan melalui beberapa program dan beberapa metode. Programnya adalah program tahfidz pagi hari, program tahfidz sore hari, program ujian tasmi’, dan program takhassus.  Dalam program tersebut menggunakan metode muraja’ah dan tasmi’. Adapun faktor pendukung secara internal adalah adanya dukungan dari kepala sekolah dan jajaran guru, kesediaan sarana dan prasarana yang memadai, dan siswa yang berkualitas, sedangkan secara eksternal penggunaan mushaf Al-Qur’an khusus dan jadwal yang tertib. Kemudian faktor penghambatnya, mencakup kondisi diri siswa, minat-bakat, kecerdasan, dan lingkungan sekitar siswa maupun sekolah yang ramai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...