Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 3 (2023): Oktober 2023

Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains

Rohman, Fatkhur (Unknown)
Santi, Tri (Unknown)
Alamin (Unknown)
Pramudiyanti (Unknown)
Syahnia, Shovira Maulida (Unknown)
Yuninda, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, mengamati, menafsirkan yang merupakan aspek penilaian KPS masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD yang berfokus pada penumbuhan Keterampilan Proses Sains (KPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Metode pengumpulan data dengan metode observasi/pengamatan dan kuisioner. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert. Subjek penelitian ini adalah 3 ahli materi pembelajaran, 3 ahli media pembejaran, 3 ahli bahasa, 1 orang guru, dan 25 peserta didik kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi diperoleh 0, 8278 termasuk dalam kategori valid. Aspek desain media, teks, dan grafik adalah sebesar 0,8722, yang masuk dalam kateigori sangat valid. hasil validasi bahasa adalah sebesar 0,8333 dengan kategori valid. praktikalitas peni didik pada LKPD beirbasis CTL yang dikemi bangkan meincapai 93%, deingan kateigori sangat baik/sangat praktis. Hasil praktikalitas LKPD berbasis CTL yang telah dikembangkan mencapai 88% dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian menunjukkan LKPD berbasis CTL teruji valid, praktis, dan efektif dalam menumbuhkan Keterampilan Proses Sains.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...