Pembelian impusif merupakan fenomena yang sering terjadi dalam dunia ritel, di mana konsumen melakukan pembelian secara tiba-tiba tanpa perencanaan sebelumnya. Perilaku ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk karakteristik toko dan karakteristik produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik toko dan karakteristik produk terhadap pembelian impulsive pada toko prima wala. Metode penelitian yang digunakan adalah kuatitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 72 responden yang merupakan konsumen Toko Prima Wala yang dipilih mengunakan metode rumus lemeshow tets. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel independen (karakteristik toko dan kerakteristik produk) dan variabel dependen (pembelian impulsif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik toko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Sedangkan karakteristik produk memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa karakteristik toko memiliki peran penting dalam memengaruhi pembelian impulsif. Sementara karakteristik produk memiliki pengaruh secara tidak langsung karena Toko Prima Wala merupakan distributor.Kata kunci : karakteristik toko. karakteristi poduk, dan pembelian impulsif
Copyrights © 2025