LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2025)

HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK PEDAGOGIK: TINJAUAN FILOSOFIS DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN

Apriyani, Nur (Unknown)
Yuspiani, Yuspiani (Unknown)
Wahyuddin, Wahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Humans as pedagogical beings have the ability to be educated and teach, where education does not only focus on the transfer of knowledge, but also on character formation and the development of individual potential. Understanding the nature of humans is important for educators to be able to create an inclusive learning environment that is relevant to the needs of students. This qualitative study aims to understand the nature of humans as students through a library research approach. The results of the study show that humans, as servants and caliphs, have basic potential in the form of hearing, sight, and heart. This potential plays a role in the process of spiritual understanding and assessment, allowing humans to be responsible for maintaining the balance of nature according to His guidance. ABSTRAKManusia sebagai makhluk pedagogik memiliki kemampuan untuk dididik dan mengajar, di mana pendidikan tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pembentukan karakter dan pengembangan potensi individu. Pemahaman hakikat manusia menjadi penting bagi pendidik agar mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memahami hakikat manusia sebagai peserta didik melalui pendekatan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manusia, sebagai hamba dan khalifah, memiliki potensi dasar berupa pendengaran, penglihatan, dan hati. Potensi ini berperan dalam proses pemahaman dan penilaian spiritual, memungkinkan manusia untuk bertanggung jawab dalam menjaga keseimbangan alam sesuai tuntunan-Nya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...