Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DI SMAN 6 PALEMBANG

Linda, Aulia Nova (Unknown)
Faisal, Emil El (Unknown)
Dahlia, Dahlia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui media pembelajaran berbasis canva di SMA Negeri 6 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penlitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus , dengan subjek penelitian seluruh pesera didik kelas XII.1 SMA Negeri 6 Palembang yang berjumlah 37 orang peserta didik pada materi praktik demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII.1 SMA Negeri 6 Palembang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2. Pada siklus 1 ini nilai rata-rata peserta didik yaitu 7,2 dengan persentase ketuntasan 56% yaitu sebanyak 16 orang peserta didik yang tuntas dan 21 orang peserta didik tidak tuntas. Pada siklus 2 nilai rata-rata peserta didik yang tuntas sebsar 8 dengan persentase ketuntasan sebesar 92% yakni sebanyak 34 orang peserta didik tuntas dan 3 orang peserta didik tidak tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...