Allo Turu’ Riana,2025. Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan TUBOPIN Siswa Kelas II Melalui Penerapan Media Ajar TUBOPIN Di UPT SDN 10 Makale Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Indonesia Toraja. Dibimbing oleh: (1) Hendrik, S.Pd., M.Pd dan (2) Trivena, S.Pd., M.Pd. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah dengan diterapkannya sedia ajar TUBOPIN dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II pada materi penjumlahan di UPT SDN 10 Makale Selatan?” Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya media ajar TUBOPIN dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II pada materi penjumlahan di UPT SDN 10 Makale Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri dari empat tahap yaitu: (a) Perencanaan, (b) Tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di UPT SDN 10 Makale Selatan yang berjumlah 20 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan pada semester genap 2025/2026. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dengan penerapan media ajar TUBOPIN dapat dilihat dari tes formatif siswa yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus.
Copyrights © 2025