Makalah ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan permasalahan yang muncul dalam penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pembelajaran berbasis proyek ini semakin populer sebagai pendekatan yang dapat meningkatkan keterampilan kritis, kreativitas, dan kemampuan kolaborasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan literature review atau tinjauan pustaka sebagai metode utama untuk pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah literatur yang berkaitan dengan PjBL. Artikel jurnal, buku, tesis, dan disertasi yang telah dipublikasikan sebelumnya, yang membahas tentang penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam pendidikan. Penelitian terdahulu yang mengkaji tentang pengaruh PBL serta permasalahan yang muncul dalam penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan problem solving dan kerja tim siswa. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, seperti keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan bagi guru, serta tantangan dalam manajemen kelas yang melibatkan proyek besar. Pembahasan lebih lanjut mengungkapkan bahwa meskipun PjBL efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa, implementasinya membutuhkan persiapan yang matang dan dukungan fasilitas yang memadai. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa PjBL memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi perlu diatasi tantangan-tantangan yang ada untuk memaksimalkan keberhasilannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025