Pendahuluan: Memenuhi kebutuhan pasien, pelayanan yang dilakukan tenaga Kesehatan tidak cukup dengan fasilitas yang diberikan, Namun juga perlunya untuk memahami pasien secara mendalam. Jasa pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas dapat meningkatkan minat pasien untuk melakukan kunjungan ulang karena pengalaman yang didapat sesuai dengan harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kualitas komunikasi interpersonal tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Wire Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi analitik dengan pendekatan waktu Cross-sectional. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dan didapatkan 286 responden. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji Gamma dengan Tingkat kemaknaan α =˂0,05. Hasil: Hasil penelitian didapatkan nilai ρ ˂ α = 0,000˂0,05 yang berarti H1 diterima dengan correlation coefficient r = 0,999 yang menunjukkan adanya hubungan sangat kuat antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan pasien. Dari uraian diatas dapat disimpulkan jika komunikasi yang diterapkan oleh tenaga kesehatan baik, pasien akan merasa diperhatikan dan merasa nyaman selama proses pengobatan. Kesimpulan: Dari hasil analisis diatas menunjukkan bahwa kualitas komunikasi interpersonal tenaga kesehatan memiliki hubungan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Wire Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban.
Copyrights © 2025