Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana
Vol. 25 No. 1 (2025): JANUARY 2025

Analisis Desain Karakter dan Worldbuilding pada Game “Juragan Kost” sebagai Representasi Visual Budaya Kos-Kosan di Indonesia

Najmura, Tsasyshaum Alna (Unknown)
Ratri, Dianing (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Permainan seringkali dibuat dengan merepresentasikan kehidupan sehari-hari agar pemain dapat merasakan pengalaman dari kegiatan dalam game tersebut dan memunculkan identitas suatu hal. Pada game “Juragan Kost”, desain karakter dan worldbuilding tersebut dapat berperan untuk merepresentasikan visual budaya kos-kosan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis representasi visual budaya kos-kosan yang muncul dengan menganalisis tiga kategori karakter menggunakan metode Manga Matrix dan worldbuilding menggunakan teori dari The Kobold Guide to Worldbuilding. Melalui analisis yang dilakukan, karakter dan worldbuilding di dalam Game Juragan Kos dirancang dengan matang menggunakan visual budaya kos-kosan yang ada di Indonesia sebagai referensi dan ditunjukkan melalui visual game.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dkv

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana is published biannually, in January and July, by Petra Christian University. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana aims to promote a comprehensive approach to visual communication design incorporating viewpoints of different disciplines, strengthen academic ...