Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas sosiologi 1 SMA Semen Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantiatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XII SMA Semen Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, dilakukan dengan mengambil undian kelas dan kelas yag terpilih menjadi sampel dari penelitian ini adalah kelas XII Sosiologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori konstruktivisme dengan tokoh Jerome Burnner. Teknik analisis data dengan menggunakan perhitungan uji paired sample dengan alat bantu software SPSS 25. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,005, dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII sosiologi di SMA Semen Padang.
Copyrights © 2025