Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research
Vol. 2 No. 2 (2024): June

Ketidaksesuaian Penggunaan Bahasa Indonesia dengan Kaidah Baku dalam Iklan Le Minerale

Nafisa, Shella Alfiani (Unknown)
Herdiyanti, Azzahra Putri (Unknown)
Anggraeni, Kurnia Dwi (Unknown)
Salsabila, Adisty Syifa (Unknown)
Shinobing, Sarah Tri Puji Florensia (Unknown)
Arum, Dewi Puspa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Bahasa Indonesia sebagai bahasa baku nasional memiliki kaidah-kaidah yang perlu ditaati dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketidaksesuaian penggunaan bahasa Indonesia dengan kaidah baku dalam iklan Le Minerale. Data penelitian diambil dari iklan yang dipublikasikan di platform YouTube, kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa ketidaksesuaian dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam iklan Le Minerale. Salah satunya adalah pelafalan yang belum memenuhi kaidah bahasa baku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Selain itu, terdapat penggunaan kata-kata yang tida baku, kata-kata asing, serta kata-kata gaul yang tidak sesuai dengan norma bahasa Indonesia baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia dalam iklan Le Minerale seringkali tidak sesuai dengan kaidah baku, sehingga dapat mempengaruhi persepsi dan pemahaman konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijim

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, ...