Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien mengemukakan bahwa konsep mutu layanan yang berkaitan dengan kepuasan pasien ditentukan oleh lima unsur yang biasa dikenal dengan istilah mutu layanan “SERVQUAL” (responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepuasan pasien dari dimensi tangibles/bukti langsung, reability/keandalan, responsiveness/ ketanggapan, assurance/jaminan dan emphaty/empati. Penelitian ini dilaksanakan di puskesmas rawat inap Se-Kota Kendari dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian kebersihan, sarana kesehatan yang memadai, kemampuan tenaga kesehatan memberikan pelayanan, kemampuan berkomunikasi yang baik, jaminan kesembuhan, perhatian dan dukungan yang baik dapat memberikan kepuasan bagi pasien Kesimpulan penelitian adalah kepuasan pasien belum terpenuhi dari dimensi bukti fisik berupa kebersihan ruangan dan dimensi empati berupa keramahan petugas kesehatan
Copyrights © 2023