Jurnal Kendari Kesehatan Masyarakat (JKKM)
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Kendari Kesehatan Masyarakat (JKKM)

Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Perawatan Se-Kota Kendari

Yanti Yanti (Universities Halu Oleo)
Ruslan Majid (Universitas Halu Oleo)
Asnia Zainuddin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2023

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien mengemukakan bahwa konsep mutu layanan yang berkaitan dengan kepuasan pasien ditentukan oleh lima unsur yang biasa dikenal dengan istilah mutu layanan “SERVQUAL” (responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepuasan pasien dari dimensi tangibles/bukti langsung, reability/keandalan, responsiveness/ ketanggapan, assurance/jaminan dan emphaty/empati. Penelitian ini dilaksanakan di puskesmas rawat inap Se-Kota Kendari dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian kebersihan, sarana kesehatan yang memadai, kemampuan tenaga kesehatan memberikan pelayanan, kemampuan berkomunikasi yang baik, jaminan kesembuhan, perhatian dan dukungan yang baik dapat memberikan kepuasan bagi pasien Kesimpulan penelitian adalah kepuasan pasien belum terpenuhi dari dimensi bukti fisik berupa kebersihan ruangan dan dimensi empati berupa keramahan petugas kesehatan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkkm

Publisher

Subject

Public Health

Description

Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat (JKKM) is a scientific journal which published original articles of public health. The editors welcome scientifict articles relevant to national and international public health issues. The journall welcomes submissions from around the world as well as from ...