Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING

Siti Warindiyah Hermiati (Guru SDN Tampungrejo Kec. Puri Kab. Mojokerto)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa.. Subyek penelitian sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, rata-rata nilai aktivitas siswa siklus I sebesar 10,24 dengan ketuntasan klasikal 64% dan meningkat pada siklus II sebesar 12,16 dengan ketuntasan klasikal 76%. Hasil belajar siswa yang tuntas siklus I sebanyak 14 siswa dengan ketuntasan klasikal 56% dan meningkat pada siklus II sebanyak 21 siswa ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...