Efada : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 1 No 2 (2024): November

Meningkatkan Kemampuan Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Unggulan Ash-Shiddiq Ngawen

Bargebeh, Sulthan (Unknown)
Aziz, Abdul (Unknown)
Santoso, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Metode talaqqi telah menjadi pendekatan yang krusial dalam pembelajaran Tahfiz Al-Qur'an. Pendekatan ini menekankan pada interaksi langsung antara guru dan murid dalam membaca Al-Qur'an secara berulang-ulang. Artikel ini mengeksplorasi keefektifan metode talaqqi dalam konteks pembelajaran Tahfiz Melalui analisis literatur, artikel ini membahas proses implementasi metode talaqqi, keunggulan, dan tantangan yang dihadapi dalam praktiknya. Metode talaqqi tidak hanya meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur'an, tetapi juga memperdalam pemahaman terhadap makna ayat-ayat Al-Qur'an serta memperbaiki pelafalan tajwid. Dengan demikian, artikel ini mengadvokasi pentingnya memasukkan metode talaqqi dalam kurikulum pembelajaran Tahfiz sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman Al-Qur'an. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu para pengajar Tahfiz dalam memperbaiki strategi pembelajaran mereka dan memperkuat hubungan antara guru dan murid dalam proses pembelajaran Tahfiz.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Efada

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Efada : Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan dua kali dalam satu tahun sejak tahun 2024 yaitu di bulan Mei dan November. Efada berasal dari bahasa Arab "ifaadatun" yang berarti memberikan faedah atau pelajaran. Jurnal ini menerbitkan artikel dalam tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan ...