Celebes Journal of Community Services
Vol. 4 No. 1 (2025): December - May

Pendampingan Komunikasi Pemasaran Berbasis Etnolinguistik: Peningkatan Efektivitas Iklan dan Promosi UMKM melalui WhatsApp Business

Amima, Sharfina Puteri (Unknown)
Rahmatullah, Muhammad (Unknown)
, Rizal Iskandar, Syaripudin Bahar, Rika Alma Tertiana, Ni’mah, Shafrina Amalia, Alfi Fadhilah Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran UMKM di era digitalisasi, dengan fokus pada penggunaan WhatsApp Business dan penggunaan bahasa etnolinguistik. Melalui studi kasus pada UMKM Wilayah Kampus ULM di Banjarmasin, penelitian ini mengidentifikasi bahwa penggunaan bahasa yang fleksibel, yaitu bahasa Banjar untuk pelanggan lokal dan bahasa Indonesia untuk pelanggan dari luar daerah, sangat efektif dalam membangun kedekatan dan kepercayaan pelanggan. Meskipun memahami potensi pemasaran digital, pemilik UMKM masih mengutamakan strategi pemasaran offline. Penelitian ini juga menemukan bahwa pemahaman teknologi, terutama terkait fitur WhatsApp Business, masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan optimalisasi strategi bahasa, peningkatan keterampilan digital, diversifikasi media promosi, adaptasi terhadap tren pasar, dan pendampingan berkelanjutan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran UMKM.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

celeb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Celebes Journal of Community Services with ISSN 2962-4088 is a biannual scientific multidisciplinary journal published by STIE Amkop Makassar, Indonesia. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is ...