Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan individu untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa secara berlebihan, sering kali didorong oleh dorongan emosional atau sosial daripada kebutuhan rasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh literasi digital terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB UNISRI Surakarta, 2) Pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB UNISRI Surakarta, 3) Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB UNISRI Surakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif, dikumpulkan melalui jawaban responden yang dikonversikan ke dalam skala likert. Sumber data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Total populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif semester ganjil tahun 2024 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISRI yang berjumlah 2.312 orang. Sampel penelitian sebanyak 100 responden ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik Stratified Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil uji t menunjukkan bahwa literasi digital, gaya hidup, dan e-commerce memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 23,923 dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa model tersebut tepat untuk memprediksi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Koefisien determinasi (R²) yang diperoleh sebesar 0,410. Hal ini berarti kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 41%. Sisanya (100%-41%) sebesar 59% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model, seperti literasi keuangan, pengendalian diri, dan pendapatan, dan lain sebagainya.
Copyrights © 2025