Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh terapi bermain terhadap peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak autis di Sekolah Dasar Luar Biasa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental pretest-posttest control group . Tiga puluh anak autis di SDLB Negeri Simpang Empat, Aceh Tenggara, dibagi menjadi kelompok eksperimen (menerima terapi bermain) dan kelompok kontrol (intervensi standar sekolah). Kemampuan sosial dan emosional diukur menggunakan skala penilaian standar, lembar observasi, dan wawancara semi-terstruktur sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan sosial (p < 0,001) dan emosional (p < 0,001) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Data kualitatif dari observasi dan wawancara mendukung temuan kuantitatif, menunjukkan peningkatan interaksi sosial, ekspresi emosi, dan keterampilan komunikasi pada kelompok terapi bermain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terapi bermain efektif dalam meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak autis.
Copyrights © 2024