Teknologi telah memainkan peran penting dalam mendukung pembelajaran, dengan video sebagai alat yang efektif untuk membantu siswa belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan memfasilitasi berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan e-instrumen yang melibatkan ahli media, ahli evaluasi, dan pengguna. Hasil validasi ahli evaluasi menunjukkan skor 91% dan 88%, yang menandakan bahwa media ini valid. Hasil validasi ahli media menunjukkan skor 86% dan 90%, yang berarti bahwa video pembelajaran yang menggunakan Renderforest layak digunakan. Respon pengguna mencapai 89%, menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di abad ke-21.
Copyrights © 2025