Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Vol. 4 No. 01 (2025): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Renderforest untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Peserta Didik

Nadjla, Afifah Ainun (Unknown)
Sulisworo, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Teknologi telah memainkan peran penting dalam mendukung pembelajaran, dengan video sebagai alat yang efektif untuk membantu siswa belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan memfasilitasi berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan e-instrumen yang melibatkan ahli media, ahli evaluasi, dan pengguna. Hasil validasi ahli evaluasi menunjukkan skor 91% dan 88%, yang menandakan bahwa media ini valid. Hasil validasi ahli media menunjukkan skor 86% dan 90%, yang berarti bahwa video pembelajaran yang menggunakan Renderforest layak digunakan. Respon pengguna mencapai 89%, menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di abad ke-21. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PBPSP

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, ...