Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 14 No. 4 (2024)

PENGALAMAN DAN EFEKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN EDMODO PADA SISWA SMP : EXPERIENCE AND EFFECTIVENESS OF LEARNING INDONESIAN LANGUAGE USING EDMODO FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Yanti, Kadek Diah Dwi (Unknown)
Sriasih, Sang Ayu Putu (Unknown)
Artika, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman belajar siswa dan guru serta efektivitas penggunaan Edmodo dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII C sebanyak 32 orang dan seorang guru Bahasa Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman belajar siswa menggunakan Edmodo bersifat bervariasi. Sebagian besar siswa merasa senang karena aplikasi ini praktis, fleksibel, dan mendukung pembelajaran mandiri, sementara sebagian lainnya menghadapi kendala seperti jaringan internet yang tidak stabil dan kurangnya pemahaman materi daring. Pengalaman guru menunjukkan bahwa Edmodo membantu dalam mengelola kelas daring, menyampaikan materi, serta mengevaluasi pembelajaran, meskipun terdapat tantangan seperti ketidakhadiran siswa dan perubahan gaya belajar. Dari segi efektivitas, Edmodo mampu menciptakan pembelajaran yang efisien, fleksibel, dan interaktif dengan dukungan fitur seperti quiz, gradebook, dan library. Namun, efektivitas tersebut bergantung pada stabilitas koneksi internet serta kemampuan teknis guru dan siswa. Secara keseluruhan, Edmodo berkontribusi positif terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, tetapi memerlukan dukungan infrastruktur yang lebih baik untuk optimalisasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...