Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 1

Efektifitas Modul Matematika Terintegrasi Keislaman pada Materi Himpunan Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Sari, Arnida (Unknown)
Yuniati, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan modul matematika yang terintegrasi dengan keislaman dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 pada tiga sekolah tingkat menengah di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah desain pretest-posttest satu kelompok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Berdasarkan hasil analisis uji efektivitas yang diberikan kepada siswa, ditemukan bahwa modul yang dikembangkan terbukti efektif. Hasil analisis uji One Way ANOVA dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Nilai rata-rata posttest yang paling signifikan adalah 6,520. Dari hasil analisis ini ditemukan bahwa modul ini memiliki efektifitas yang baik dan layak untuk digunakan di sekolah tingkat menengah. Modul ini mampu memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga siswa mampu memenuhi indicator-indikator yang telah digunakan oleh penulis. Penulis juga mengaitkan setiap soal tes dengan indikator dari kemampuan komunikasi matematis sebagai instrument dalam penelitian ini. Hasil analisis pada tes ini menunjukkan keefektifan penggunaan modul matematika terintegrasi nilai keislaman pada materi himpunan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa dalam belajar matematika. Dengan meningkatnya kemampuan komunikasi matematis ini mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...