Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep peserta didik dipengaruhi oleh model SiMaYang berbantuan LKPD interaktif. Penelitian ini mengunakan desain post-test only control group dan penelitian eksperimen semu. Teknik cluster random sampling digunakan untuk memilih sampel, hal ini menyebabkan penggunaan siswa SMA Negeri 30 Jakarta kelas X-1 dan X-2 sebagai subjek penelitian. Tujuh soal uraian yang berkaitan dengan materi barisan dan deret yang telah terbukti valid dan reliabel membentuk instrumen tes. Hasil analisis hipotesis diperoleh melalui uji-t’ dengan tingkat signifikansi α=0,05, menunjukkan bahwa nilai 〖t'〗_hitung=3,8405 ≥ 〖t'〗_tabel=0,0632. Hasil penelitian menunjukkan penolakan hipotesis nol, yang mengindikasikan bahwa peserta didik yang menggunakan model SiMaYang memilki rata-rata pemahaman konsep yang secara signifikan lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan metode konvensional. Penerapan model pembelajaran SiMaYang berbantuan LKPD interaktif berpengaruh pada kemampuan pemahaman konsep. Dengan persentase sebesar 82%, nilai Cohen’s effect size yang diperoleh sebesar 0,9159 masuk ke dalam kategori tinggi.
Copyrights © 2025