Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Analisis Kedudukan Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional

Mujib, Al (Unknown)
Ulya, Rukyatun (Unknown)
Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2025

Abstract

Pendidikan merupakan elemen yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan potensi diri dan mencapai tujuan hidup. Dalam konteks Indonesia, pendidikan juga menjadi wadah untuk mewujudkan cita-cita nasional, yaitu negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Pendidikan Islam, sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional, memiliki peran yang sangat penting, terutama karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam. Pendidikan Islam dapat dipahami dalam tiga aspek: sebagai sumber nilai, bidang studi, dan jenis pendidikan yang mencakup keduanya. Meskipun pendidikan Islam hanya merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, kedudukannya sangat strategis dalam mencapai tujuan pembangunan bangsa yang seimbang antara duniawi dan ukhrawi. Tujuan pendidikan Islam tidak hanya mengarah pada pembentukan karakter religius, tetapi juga kesiapan menghadapi kehidupan di dunia. Oleh karena itu, peran pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional harus dipandang sejajar dengan pendidikan lainnya, untuk menciptakan generasi yang berbudi pekerti luhur, kreatif, dan produktif, serta sesuai dengan nilai-nilai agama dan moral.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...