Jurnal Terapi Wicara
Vol 2 No 2 (2024): Jurnal Terapi Wicara

Hubungan Antara Memori Kerja dengan Kemampuan Lisan Pada Anak Pra-Sekolah

Yulidar Rusdi Rasyid (Politeknik Arutala Johana Hendarto)
Jumiarti Jumiarti (Politeknik Arutala Johana Hendarto)
Putri Wulandari Rinjani (Politeknik Arutala Johana Hendarto)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Kemampuan lisan pada anak pra-sekolah dapat berkaitan dengan kemampuan memori kerja (working memory), usia anak pra-sekolah dinyatakan untuk usia 3 sampai 6 tahun. Memori kerja merupakan fungsi kognitif yang sangat penting, memiliki kapasitas terbatas, yang hanya dapat menyimpan sejumlah kecil informasi dalam waktu singkat sekitar 2 sampai 3 detik. Untuk itu anak-anak dapat menyimpan dan memanipulasi informasi secara sementara dari berbagai tugas sehari-hari, seperti mengikuti instruksi yang terdiri dari beberapa langkah, memecahkan masalah, dan mempelajari konsep baru dan pemberian materi secara berulang dapat membantu memori kerja. Memori kerja yang kuat cenderung memiliki prestasi lebih baik secara akademis, terutama dalam mata pelajaran seperti matematika dan seni bahasa. Sebaliknya, anak yang memiliki memori kerja lebih lemah dapat memungkinkan kesulitan dalam belajar dan mengikuti instruksi, dan dapat menyebabkan kesulitan di sekolah dan kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jawara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health

Description

The Speech Therapy Journal (JAWARA) contains peer-reviewed results, articles, research and community service reports related to screening, detection, diagnosis, and therapeutic management of communication and swallowing disorders. We welcome contributions on the following topics:aphasia; dysarthria; ...