SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi
Vol. 5 No. 3 (2025): SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi

Pengembangan Digital Marketing dan Branding pada Usaha Mikro Kopi Cikarang

Erick Immanuel (Unknown)
Lilian Lilian (Unknown)
Ratna Sari Dewi (Unknown)
Beraldi Arhamas (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

UMKM Kopi Cikarang (KOCI), sebuah usaha mikro di bidang es kopi yangmenghadapi tantangan dalam pemasaran dan branding digital. Masalah utama yangdihadapi adalah KOCI belum memiliki media sosial untuk promosi digital, sementaraaset media sosial dari brand sebelumnya, "Punakawan Kopi Rakyat," direncanakanuntuk diubah menjadi akun media sosial KOCI. Tujuan dari kegiatan ini meliputiperancangan dan eksekusi strategi digital marketing dan branding, transformasiakun media sosial dari Punakawan menjadi KOCI, pembuatan konten awal yanginformatif, serta desain material promosi offline seperti standing banner, buku menu,backdrop, dan hanging banner. Selain itu, dilakukan juga sesi pemotretan produkuntuk menghasilkan foto berkualitas tinggi yang mendukung semua kebutuhanpromosi KOCI. Manfaat dari kegiatan ini mencakup peningkatan keterampilanpenulis dalam menghadapi kasus nyata di dunia usaha, bantuan bagi KOCI untukmemulai promosi digital dan memperbaiki material promosi, serta kontribusi bagikampus dalam meningkatkan kualitas pendidikan berbasis praktik. Hasil yangdicapai adalah strategi promosi yang lebih terstruktur dan material branding yangprofesional, yang diharapkan mampu meningkatkan daya tarik dan pengenalanbrand KOCI di masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

senada

Publisher

Subject

Other

Description

SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi fokus untuk menerbitkan artikel hasil pengabdian kepada masyarakat berupa metode, model, ide-ide konseptual, bahkan menghasilkan sebuah produk dan jenis luaran lainnya. Ruang lingkup jurnal ini sifatnya umum karena meliputi berbagai macam bidang keilmuan, ...