Masalah penelitian adalah guru menggunakan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Maroanging. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia melalui model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengaln desalin model Kurl Lewin. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Maroanging berjumlah 9 orang, objek penelitian adalah hasil belajar bahasa Indonesia dalam penerapan model PBL. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis. Setelah proses pembelajaran berakhir, siswa mengerjakan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar bahasa Indonesia yang diperoleh 73 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 78. Ketuntasan belajar paldal siklus I sebesalr 67% (6 pesertal didik) kemudialn meningkalt menjaldi 89% (8 peserta didik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres 10/73 Maroanging.
Copyrights © 2025