Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 1 (2025): Maret

Mengintegrasikan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V

Malluru, Al Rajfian A (Unknown)
Ihsan, Andi (Unknown)
Pandin, Triswanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Permasalahan yang menjadi landasan Peneltian Tindakan Kelas ini yaitu hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran matematika dikarenakan beberapa keadaan, seperti penggunaan model pembelajaran yang kurang diitegrasikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengintegrasian Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 98 Rantai Damai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 24 siswa yang terdiri atas 9 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa Tes Hasil Belajar, dan Observasi.  Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu nilai rata-rata yang di dapatkan siswa sebesar 63,33 dan hanya 37,5% dari jumlah siswa yang masuk pada kriteria tuntas. Sedangkan pada siklus II, Terjadi peningkatan yang sigifikan yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 75 dan jumlah siswa yang masuk pada kriteria tuntas meningkat menjadi 83,33% dari jumlah siswa. Peningkatan hasil belajar ini tak lepas dari peran guru bersama peneliti dalam pengintegrasian Model Pembelajaran Problem Based Learning di SD Negeri 98 Rantai Damai ditandai dengan semakin meningkatnya persentase kategori dari kategori rendah pada siklus I menjadi tinggi pada siklus II.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...