Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi kelas 2 tahun 2024 di Universitas Tidar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner berbasis Google Form. Responden penelitian berjumlah 50 mahasiswa yang dipilih menggunakan skala Likert sebagai alat ukur, dengan pilihan jawaban mulai dari "Sangat Tidak Setuju" hingga "Sangat Setuju". Proses penelitian meliputi pengamatan situasi, studi kepustakaan, perumusan masalah, penentuan tujuan penelitian, pengumpulan data, analisis data menggunakan SPSS, serta penarikan simpulan. Data dianalisis secara deskriptif untuk memudahkan pemahaman pembaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan "Sangat Setuju" dan "Setuju" terhadap pertanyaan yang diajukan, terutama terkait pengaruh lingkungan belajar, kualitas persahabatan, lingkungan belajar kondusif, dan suasana mendukung terhadap motivasi belajar. Simpulan, bahwa selain lingkungan yang kondusif, fasilitas kampus seperti ruang kelas, komputer, AC, dan meja belajar berkontribusi dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lingkungan belajar yang efektif, kondusif, dan positif memiliki dampak signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu, institusi pendidikan diharapkan dapat memperhatikan aspek-aspek lingkungan kampus guna meningkatkan semangat belajar mahasiswa. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Mahasiswa, Suasana Akademik
Copyrights © 2025