Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025)

Pemberdayaan Pendidikan Anak Melalui Lagu Alphabet Sebagai Media Belajar Bahasa Inggris

Santi, Irawati (Unknown)
Jafar , Muhammad (Unknown)
Taslim, Taslim (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar, khususnya di daerah pedesaan, masih menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya minat siswa dan keterbatasan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar bahasa Inggris siswa melalui penggunaan lagu alfabet sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SDN 01 Alasombo, Kabupaten Sukoharjo, dengan melibatkan guru kelas dan menerapkan metode berbasis musik untuk membantu siswa dalam mengenali huruf, melafalkan kata, serta meningkatkan daya ingat mereka terhadap kosakata bahasa Inggris. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa penggunaan lagu alfabet dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, menciptakan suasana belajar yang positif, serta memperbaiki kemampuan mengeja dan mengingat kata-kata dalam bahasa Inggris. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan dalam pelaksanaan program ini, seperti variasi kemampuan siswa dan keterbatasan waktu pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan lebih lanjut dalam bentuk peningkatan durasi program, pelatihan bagi guru, serta penyediaan media pembelajaran yang lebih variatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUDISTIRA

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat - JDISTIRA adalah sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil pengabdian yang berkualitas. Diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Mei dan November oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah dalam ...