Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 11, No 1 (2015): TRANSFORMATIKA

USING SCAFFOLDING TECHNIQUE TO IMPROVE THE SPEAKING SKILL OF THE SECOND SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT

C. Prima Ferri Karma (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2017

Abstract

Ada anggapan bahwa pengetahuan kebahasaan seseorang diukur dari kemampuan berbicara. Berbicara adalah sarana yang mendasar dalam komunikasi manusia, demikian juga mahasiswa Bahasa Inggris, mereka juga dituntut untuk bisa berbicara dalam Bahasa Inggris dengan baik. Parameter seorang pembelajar  Bahasa Inggris adalah kemampuannya berbicara secara lancar. Namun kenyataan menunjukkan bahwa banyak pembelajar yang tidak bisa berbicara dengan tepat dan lancar walaupun sudah belajar selama 6 tahun.Capaian ketrampilan berbicara pembelajar dipengaruhi beberapa faktor, yaitu faktor eksternal dan internal. Motivasi adalah satu dari faktor internal yang berperan penting dalam kesuksesan belajar. Faktor yang berikutnya adalah teknik yang digunakan oleh guru.Scaffolding adalah suatu jembatan yang menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan hal yang belum diketahui. Jika dilaksanakan dengan baik, scaffolding akan menjadi daya yang memicu pembelajar untuk menguasai sesuatu. Dalam proses ini pembimbing memfasilitasi pembelajar untuk menguasai konsep yang tidak dapat dikuasai pembelajar. Pembimbing tidak hanya memberikan bantuan tetapi juga harus sebisa mungkin memberikan kebebasan bagi pembelajar untuk menyelesaikan tugas-tugas secara mandiri. Ketika pembelajar sudah  bisa bertanggung jawab atau menyelesaikan suatu tugas secara mandiri, maka pembimbing secara bertahap menjauh dan memberikan kebebasan untuk belajar secara mandiri. Keyword : Scaffolding  Technique, Speaking Skill

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

transformatika

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is an e-journal published by Universitas Tidar. The research article submitted to this online journal will be peer-reviewed at least 2 (two) reviewers. Every article that goes to the editorial staff will be selected through initial review ...