GEMA EKONOMI
Vol 2 No 2 (2013)

PENETAPAN METODE TARGET COSTING DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PEMBUATAN TIKAR TENUN PT. ELRERAS DI LAMONGAN

Utomo, Riyanto (Unknown)
Andriani, Novia (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2013

Abstract

Usaha yang dilakukan untuk mencapai harga yang diinginkan pelanggan sekaligus memberikan keuntungan pada perusahaan tidak dapat menggunakan metode tradisional. Hal ini dikarenakan metode tradisional penentuan harganya dihitung dari biaya produksi yang terjadi ditambah laba yang diinginkan. Apabila perusahaan tidak mampu mengendalikan biayanya maka biaya produksi yang timbul akan tinggi dan akan menyebabkan harga menjadi tinggi serta berakibat pada beralihnya pelanggan pada produk yang dihasilkan oleh kompetitor. Sehubungan dengan itu, maka dalam penentuan harga dibutuhkan metode yang tepat agar perusahaan tetap bertahan dalam usahanya. Dengan menggunakan target costing perusahaan dapat menentukan biaya yang diinginkan, yang diperoleh dari harga pasar yang berlaku dikurangi dengan laba yang diinginkan dan sering disebut dengan price-driven costing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana, perusahaan dalam penentuan harga Pokok produksi melalui biaya standar. Untuk memberikan gambaran dan informasi tentang penerapan target costing sebagai alat bantu dalam pengelolahan biaya produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penemuan dari penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan, biaya manufaktur yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead ternyata belum sesuai dengan target laba yang diharapkan perusahaan, karena biaya produksi aktual perusahaan masih melebihi target cost yaitu sebesar Rp 37.962,00 atau lebih tinggi Rp 2.962,00 dari target cost yaitu sebesar Rp 35.000,00.

Copyrights © 2013