Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial
Vol 7, No 1 (2025): Maret 2025

MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL RUHUI RAHAYU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PIANI KABUPATEN TAPIN

Desitriani, Desitriani (Unknown)
Susanto, Didi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2025

Abstract

Manajemen mutu pendidikan berbasis kearifan lokal menjadi salah satu pendekatan strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus mempertahankan nilai-nilai budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan manajemen mutu pendidikan berbasis kearifan lokal Ruhui Rahayu di SD Negeri Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin. Fokus penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen mutu dengan mengintegrasikan nilai-nilai Ruhui Rahayu, seperti kebersamaan, keharmonisan, dan tanggung jawab, yang menjadi identitas budaya masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, serta siswa, yang berperan dalam pengelolaan pendidikan. Data dianalisis melalui teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan hubungan antar-tema yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen mutu berbasis kearifan lokal Ruhui Rahayu mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, membangun karakter siswa yang sesuai dengan budaya lokal, serta memperkuat kolaborasi antara sekolah dan masyarakat. Nilai-nilai Ruhui Rahayu diterapkan melalui program sekolah, kegiatan ekstrakurikuler berbasis budaya, dan penguatan hubungan sosial. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan berupa keterbatasan sumber daya manusia dan perlunya konsistensi dalam pelaksanaan program. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam mengembangkan kerangka manajemen mutu berbasis kearifan lokal yang dapat diterapkan di daerah lain dengan adaptasi nilai-nilai budaya setempat. Secara praktis, penelitian ini menawarkan rekomendasi untuk meningkatkan pelatihan guru, mengintegrasikan kearifan lokal dalam kurikulum, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung mutu pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

terapung

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Dalam rangka memperluas media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Ilmu - Ilmu Sosial, Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-banjary Banjarmasin telah menerbitkan Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial dengan e-ISSN : 2656-2928 ...