Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas
Vol 11, No 4 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas

PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKTING DI DESA SOMOPURO, KLATEN

Wulansari, Marlita (Unknown)
Abidin, Muhammad Zainal (Unknown)
Trisnawati, Adis (Unknown)
Puspita, Annisa Salsabila (Unknown)
Muzhaffar, Muhammad Rafian (Unknown)
Listiana, Dyah Ayu (Unknown)
Tan, Samuel (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Dukuh Sawahan merupakan sebuah wilayah yang memiliki beragam potensi yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakatnya. Potensi-potensi ini mencakup tiga aspek utama: potensi alam, potensi sosial, dan potensi ekonomi yang masing-masing memiliki karakteristik dan nilai strategis tersendiri bagi pengembangan daerah. Dalam rangka mengoptimalkan berbagai potensi tersebut, diperlukan strategi pengembangan yang terintegrasi dan berkelanjutan terutama dalam bidang pemasaran atau digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM, membantu pelaku UMKM dalam mengoptimalkan pemasaran produk, memberikan edukasi kepada masyarakat, dan mendorong transformasi metode pemasaran. Metode pengabdian dilakukan dengan cara menyampaikan materi serta memberikan pendampingan langsung pada pembuatan Alamat usaha pada aplikasi Google Maps. Hasil dari kegiatan pengabdian ini peserta mampu memahami strategi pemasaran menggunakan aplikasi Google Maps. Dengan perencanaan yang lebih matang, kegiatan serupa dapat memberikan dampak yang lebih besar dalam mendorong digitalisasi UMKM dan transformasi ekonomi masyarakat lokal

Copyrights © 2025