Rendahnya tingkat kebugaran jasmani menjadi salah satu hal bahwa belum tercapainya tujuan pendidikan jasmani di sekolah. Hal ini merupakan contoh tidak berdayanya olahraga sebagai instrumen pendidikan untuk membangun jiwa dan raga peserta didik sebagai sosok pribadi yang berkarakter. Tingkat kebugaran jasmani siswa menjadi salah satu indikator tujuan pendidikan jasmani yaitu sehat. Pendidikan Jasmani merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi sehat, bugar secara jasmani berbagai macam aktifitas fisik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Studi literatur merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui teori-teori yang akan dibahas. Pendidikan jasmani memiliki peranan penting dalam membangun sumber daya manusia yang sehat kuat dan bugar melalui proses pembelajaran yeng menekankan pada literasi fisik. Kebugaran jasmani hanya dapat ditingkatkan melalui aktifitas fisik yang teratur, terencana dan terkukur serta berkelanjutan. Keberhasilan proses pembelajaran pendidikan jasmani dapat dilihat dari seberapa banyak partisipasi siswa dalam melakukan aktifitas fisik olahraga diluar waktu sekolah.
Copyrights © 2025