Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 9 No 1 (2025): Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pendidikan Akidah

Gibran, Achmad Fawwas (Unknown)
Lisnawati, Santi (Unknown)
Alim, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Pendidikan akidah memiliki peranan yang krusial dalam mencetak insan kamil. Namun, pendidikan akidah menjumpai beberapa permasalahan berupa sifat materi akidah yang abstrak, metode pembelajaran yang monoton, serta rendahnya motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis bagaimana implementasi pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pendidikan akidah sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Data kualitatif dikumpulkan kemudian direduksi lalu disajikan dalam bentuk narasi kemudian disimpulkan sebagai jawaban dari masalah yang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat memberikan kontribusi signifikan serta menjadi solusi permasalahan pendidikan akidah. Prinsip-prinsip CTL memungkinkan pendidik untuk membuat hubungan bermakna antar materi pembelajaran dengan pengalaman nyata peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kuttab

Publisher

Subject

Education Other

Description

ruang lingkup kajian yang bisa diterima dalam jurnal ini yaitu hasil dari riset baik secara konseptual maupun empiris yang meliputi antara lain: kurikulum pendidikan Islam, kepsesantrenan, madrasah diniyah dan pendidikan non formal lainnya, media dan metode pembelajaran pendidikan Islam, pemikiran ...