Kemampuan guru dalam membangun kesiapan belajar siswa merupakan aspek fundamental dalam proses pembelajaran yang efisien dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kemampuan guru dalam membangun kesiapan belajar siswa pada pembelajaran keagamaan di MAN Kota Palangka Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup guru mata pelajaran Fikih, Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, dan SKI. Analisis data yang diterapkan mengacu pada model Milles dan Huberman, yang mencakup proses pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang signifikan dalam membangun kesiapan belajar siswa. Signifikansi ini tentu saja tetap tergantung pada bagaimana guru mampu menerapkan metode pembelajaran, pengelolaan kelas, pemberian motivasi, serta pemanfaatan media pembelajaran yang relevan kepada peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan menjadi rujukan bagi penelitian lanjutan terkait pengelolaan kelas dan kesiapan belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025