Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 9 No 1 (2025): Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

URGENSI IMPLEMENTASI PENDEKATAN INTEGRATIF-INTERKONEKTIF DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI MADRASAH

Amalia (Unknown)
Maulida, Ghina Rahmah (Unknown)
Ratnasari, Dwi (Unknown)
Sukowati, Laila (Unknown)
Anam, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Persoalan integrasi keilmuan harus direalisasikan dalam proses pembelajaran pada semua level tingkat pendidikan. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan redesain kurikulum. Dalam melakukan proyek desain kurikulum ini, paradigma keilmuan integratif-interkonektif menjadi satu pendekatan yang mutlak dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Hasil dari penelitian ini berargumen bahwa masih terdapat problematika pengembangan kurikulum PAI di madrasah, dalam implementasi pendekatan integratif-interkonektif. Namun demikian, hal ini tetap harus diagendakan mengingat tantangan PAI dengan perkembangan IPTEK masa kini dan masa depan perlu mendapat respon di dunia pendidikan. Dialog antara materi PAI, ilmu sosial, filsafat dan IPTEK, menjadi satu ikhtiar penting dalam rangka pengembangan kurikulum PAI lebih adaptif dan faktual di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kuttab

Publisher

Subject

Education Other

Description

ruang lingkup kajian yang bisa diterima dalam jurnal ini yaitu hasil dari riset baik secara konseptual maupun empiris yang meliputi antara lain: kurikulum pendidikan Islam, kepsesantrenan, madrasah diniyah dan pendidikan non formal lainnya, media dan metode pembelajaran pendidikan Islam, pemikiran ...