Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
Vol. 8 No. 2 (2024): Desember

PENGARUH SERVICE QUALITY DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBYEK WISATA PANTAI BOTUTONUO KECAMATAN KABILA BONE KABUPATEN BONE BOLANGO: THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND DIGITAL MARKETING ON THE DECISION TO VISIT THE BOTUTONUO BEACH TOURIST ATTRACTION, KABILA BONE DISTRICT, BONE BOLANGO REGENCY

Lapalanti, Mohamad Zidhan Hidayat (Unknown)
ANDI JUANNA (Unknown)
SYAMSUL B. BIKI (Unknown)
IRWAN YANTU (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap keputusan berkunjung, pengaruh digital marketing terhadap keputusan berkunjung, dan pengaruh service quality dan digital marketing terhadap keputusan berkunjung. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari wisatawan pada obyek wisata pantai botutonuo kabupaten bone bolango yang kemudian dijadikan responden menggunakan rumus lameshow setelah melakukan perhitungan sehingga peneliti menyesuaikan sebanyak 96 responden. Hasil data yang dikumpulkan melalui pembagian kuesioner tersebut telah diuji dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linear. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS Versi 20. Hasil penelitian uji analisis regresi linear menunjukkan bahwa variabel service quality berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, digital marketing berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung dan service quality dan digital marketing secara simultan mempengaruhi keputusan berkunjung. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R² sebesar 20,3% dikategorikan sedang. dapat disimpulkan bahwa Service Quality dan Digital Marketing secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung pada Obyek Wisata Pantai Botutonuo sedangkan 70,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

emor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan ...