Koperasi Pemasaran "Malang Kreatif Mbois" (MKKM) mengelola Mboismart sebagai toko fisik di gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, yang menghadapi tantangan dalam hal visibilitas produk yang terbatas pada pengunjung MCC. Untuk mengatasi keterbatasan ini, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari STIMATA Malang dan Universitas Merdeka Pasuruan berkolaborasi mengembangkan lokapasar digital Mboismart.com. Artikel ini membahas kegiatan pengembangan prototipe web lokapasar ini sebagai solusi untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan eksposur produk UMKM yang menjadi mitra supplier Mboismart. Pengembangan lokapasar mencakup pembentukan dataset master produk dan supplier untuk kategori fashion, kriya, dan kuliner, yang sebelumnya belum terstruktur, serta pengintegrasian sistem rekomendasi berbasis association rule learning. Sistem rekomendasi ini menyarankan kombinasi produk populer dan non- populer untuk meningkatkan visibilitas produk yang kurang diminati. Selain itu, Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan mengidentifikasi persiapan penting terkait operasional lokapasar, seperti penanganan lonjakan order dan strategi promosi digital. Hasil awal menunjukkan potensi lokapasar ini dalam memperkuat pemasaran digital Mboismart, dengan dukungan administrasi konten yang efektif dan strategi promosi berkelanjutan. Artikel ini juga membahas tantangan yang dihadapi dan rencana keberlanjutan untuk mendukung peningkatan visibilitas produk UMKM di bawah naungan MKKM.
Copyrights © 2024