Kemajuan teknologi di era digital telah membawa perubahan besar dalam implementasi E-Government. Salah satu wujud penerapan E-Government di Indonesia adalah PLAVON Dukcapil, sebuah layanan digital yang dikembangkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sidoarjo. Sistem ini bertujuan untuk mempermudah proses pengurusan dokumen kependudukan secara online. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat sejumlah keluhan dari pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan implementasi PLAVON Dukcapil serta mengidentifikasi faktor-faktor utama yang memengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan model DeLone & McLean sebagai dasar teori, yang mencakup enam dimensi utama: information quality, system quality, service quality, format, content, user satisfaction, dan net benefits. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling memengaruhi keberhasilan PLAVON Dukcapil adalah User Satisfaction dengan efek langsung sebesar 0,948 atau 94,8%. Kata Kunci:Kesuksesan, PLAVON DUKCAPIL, Delone & Mclean
Copyrights © 2025