Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol. 8 No. 1 (2025): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Madina Agustina (Universitas Negeri Semarang)
Suwito Eko Pramono (Universitas Negeri Semarang)
Arief Yulianto (Universitas Negeri Semarang)
Sri Sumartiningsih Sumartiningsih (Universitas Negeri Semarang)
Agus Yuwono (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Bahasa asing yang dipakai sebagai penghubung manusia di seluruh dunia ialah bahasa Inggris. Dalam pendidikan sekolah dasar, penggunaan media interaktif sering digunakan dalam pengembangan pembelajaran. Penggunaan media interaktif dalam mata pelajaran bahasa Inggris sekolah dasar digunakan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penulisan artikel ini untuk pengkajian literature tentang penggunaan media pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran bahasa inggris sekolah dasar. Jenis artikel ini dituliskan dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan dengan mengkaji artikel yang terpublikasi pada database google scholar antara tahun 2020-2024 dengan bantuan kata kunci berupa media interaktif, pembelajaran bahasa Inggris, dan sekolah dasar. Selanjutnya artikel yang didapatkan diinklusi dan eksklusi sesuai dengan ketentuan yaitu kata kunci dan artikel publikasi terindeks sinta 1-6. Peneliti mengumpulkan 10 artikel yang akan dikaji secara mendalam. Berdasarkan kajian literature, penelitian ini mengungkapkan bahwa media interaktif yang digunakan dari berbagai macam aplikasi (media digital) dan permainan edukatif dalam pemebelajaran bahasa inggris berupa Microsoft Powerpoint, Multimedia Micro flash, Game Edukasi berbasis Canva, Articulate Multimedia Authoring, Ular tangga, dan Train-Word Card. Kata Kunci: media interaktif; pembelajaran bahasa inggris; sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...