Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 2 (2025): April

Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Aini, I In Nurul (Unknown)
Nadlir, Nadlir (Unknown)
Erfansyah, Nasrul Fuad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa banyak murid masih kesulitan membedakan huruf-huruf yang bentuknya hampir sama, termasuk huruf (d) dan (b), (n) dan (p), dan (q). Mereka juga kesulitan membedakan antara ejaan dan pembacaan ulang huruf. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode yang digunakan guru kelas satu untuk membantu anak-anak mereka yang kesulitan membaca. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Menurut hasil penelitian, siswa menghadapi sejumlah tantangan saat menyelesaikan tugas kuliahnya. Sedangkan strategi yang guru gunakan adalah membiasakan membaca bersama, memanfaatkan sudut baca, mengarahkan dan memotivasi siswa. Guru menyiapkan berbagai taktik yang dapat digunakan untuk membantu siswa yang kesulitan membaca. Berdasarkan penelitian ini, taktik guru membantu sejumlah anak yang kesulitan membaca

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...