Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 1 (2025): February

Pengaruh Aplikasi “Monster Math 2” terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD

Putranti, Shela Sayang (Unknown)
Azizah, Mira (Unknown)
Fajriyah, Khusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Minat siswa yang rendah dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi perkalian dan pembagian bilangan bulat, membutuhkan solusi yang sesuai dengan pemanfaatan aplikasi edukasi seperti Monster Math 2 untuk memperbaiki pemahaman dan meningkatkan partisipasi siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan aplikasi Monster Math 2 terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi perkalian dan pembagian bilangan bulat di kelas 3 SDN Rejosari 03. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah adalah siswa Kelas 3 SDN Rejosari 03 yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rejosari 03 Kota Semarang, tepatnya di Jl. Tirtoyoso VI No. 1, Rejosari, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Data dari penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan tes. Data penelitian ini terdistribusi normal karena nilai untuk Pre-test sebesar 0,187 dan Post-test sebesar 0,200, maka nilai Pre-test dan Post-test > 0,05. Nilai N-Gain Score sebesar 0,78 dan nilai N-Gain Persennya 77,55% Uji hipotesis menggunakan sample paired t-test dan didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,024 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum menggunakan aplikasi Monster Math 2 dan sesudah menggunakan aplikasi Monster Math 2.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...