Khidmah Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): Februari 2025

Implementasi Permainan Tradisional Dalam Mengurangi Kecanduan Gadget dan Bullying Pada Anak

Rasyidah Primadita Anggraini (Unknown)
Farhatul Adawi (Unknown)
Adam Rizki Purnawan (Unknown)
Ammalia Nur Medina Putri Hardandy (Unknown)
Farhan Matluba (Unknown)
Muhammad Miftahul Ulum (Unknown)
Striniricwari Erif Machmud (Unknown)
Aisyah Madu Retno (Unknown)
Qamaruz Zaman (Unknown)
Muhammad Abdullah Ubaidi (Unknown)
Dias Fitria (Unknown)
Alfi Laila (Unknown)
Muhammad Syavicky (Unknown)
Nidaaur Rohmawati (Unknown)
Sofyan Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Menghidupkan kembali permainan tradisional sebagai warisan bangsa di tengah kehidupan sehari hari. Permainan tradisional dipilih sebagai media utama  karena mampu mendorong interaksi sosial, kolaborasi, dan pengembangan karakter yang positif di kalangan anak-anak Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang dipilih karena melibatkan secara aktif masyarakat dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan ini melibatkan kerjasama antara panitia dan masyarakat setempat dalam merancang dan melaksanakan kegiatan festival permainan tradisional. Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan anak-anak dalam aktivitas yang melibatkan fisik dan sosial, serta mendidik mereka mengenai nilai budaya lokal. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam partisipasi anak-anak dalam permainan tradisional, yang berdampak positif terhadap pengurangan jumlah waktu yang dihabiskan di depan layar gadget dan menurunkan insiden bullying. Hasil pelaksanan kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan ini cukup efektif, dapat dilihat dari anak anak yang sebelumnya lebih banyak menghabiskan waktu bermain gadget, setelah mengikuti festival ini mereka lebih memilih bermain permainan tradisional di halaman rumahnya  bersama teman sebayanya yang lebih seru dibanding bermain gadget. Dengan demikian, pengabdian  ini menggarisbawahi pentingnya penerapan permainan tradisional sebagai alat, tidak hanya untuk mengalihkan perhatian dari gadget, tetapi juga untuk membentuk karakter dan menciptakan lingkungan bermain yang sehat, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kualitas masa kanak-kanak. Dalam hal ini dibuktikan dengan adanya festival yang diadakan mahasiswa KKN juga terlihat perkembangan kreativitas anak yang mulai berkembang seperti dalam halnya bermain dan belajar, anak-anak mulai menyadari senangnya bermain bersama secara langsung dengan teman sebayanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

khidmah

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

KHIDMAH NUSANTARA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (E-ISSN : 3047-6488) merupakan Jurnal nasional dengan akses terbuka yang menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. Ruang Lingkup Jurnal berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa ...