Jurnal Pendidikan Jasmani
Vol 29, No 1 (2017): April

PENGARUH METODE SMALL SIDED GAMES DAN METODE BAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING-CONTROL SEPAKBOLA

Soekirno, Dyo Rizky Hadi (Unknown)
Hariyoko, Hariyoko (Unknown)
Sudjana, I Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Abstract: This study aimed to determine the effect of small sided games methods andpart methods on learning outcomes passing-control participants extracurricular menssoccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged 13-15 years. The study used aquasi experimental research design with matching ordinal pairing. Samples numbered 24participants extracurricular mens soccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged13-15 years. Data analysis technique used is one lane variant analysis. Based on theresults of data analysis showed Fcount > Ftable (391,32 > 4,30) so that it can concludedpart methods gives effect to the learning outcomes soccer passing-control. Learningsoccer passing-control using part methods increased learning outcomes soccer passingcontrol.Key words: small sided games method, part method, soccer passing-control.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode small sided gamesdan metode bagian terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikulersepakbola putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi usia 13-15 tahun. Penelitianmenggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasi dengan ordinal pairing matching.Sampel berjumlah 24 peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono usia13-15 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian satu jalur.Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan Fhitung > Ftabel (391,32 > 4,30) sehinggadapat disimpulkan metode bagian memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passingcontrolsepakbola. Pembelajaran passing-control sepakbola menggunakan metodebagian meningkat hasil belajar passing-control sepakbola.Kata kunci: metode small sided games, metode bagian, passing-control sepakbola.

Copyrights © 2017