Lanting merupakan makanan khas Kebumen yang terbuat dari singkong dan diolah hingga menjadi camilan yang renyah dan gurih. Penelitian dilakukan di Desa Lemah Duwur Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola saluran pemasaran lanting dan efisiensi saluran pemasaran lanting di Desa Lemah Duwur, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen. Responden dalam penelitian ini yaitu produsen serta pedagang yang jumlahnya ditentukan dengan metode snowball sampling. Jumla produsen lanting 27 orang, 10 pedagang pengepul, 4 pedagang besar, dan 9 pedagang pengecer. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat 5 pola saluran pemasaran, yaitu: Produsen - Konsumen, Produsen - Pedagang Pengecer - Konsumen, Produsen - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer - Konsumen, Produsen - Pedagang Pengepul - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer - Konsumen, Produsen - Pedagang Pengepul - Pedagang Pengecer - Konsumen. Saluran pemasaran lanting yang paling efisien adalah pola saluran pemasaran pertama karena memiliki nilai persentase efisiensi pemasaran terendah dibandingkan dengan pola saluran pemasaran lainnya.
Copyrights © 2025