Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan aplikasi Inshot terhadap keterampilan menulis puisi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dan populasinya hanya siswa kelas X SMK Negeri 3 Kaguagung tahun pelajaran 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor tes keterampilan puisi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes puisi siswa kelas eksperimen sebelumnya adalah 53,86 dan kelas eksperimen kedua adalah 77,95. Nilai rata-rata kelas kontrol sebelum tes sebesar 52,73 dan setelah tes sebesar 70,23. Hasil analisis data menunjukkan ratarata skor belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yaitu 77,95 > 70,23. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkan bahwa t hitung (10,495) lebih besar dari ttabel (1,682) dengan nilai 42 (df 42) pada tingkat signifikansi probabilistik kurang dari 0,05 atau 0,000<0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan keterampilan menulis siswa yang belajar menggunakan Inshot dan yang belajar menggunakan media visual
Copyrights © 2023