Jurnal Sains Psikologi
Vol 5, No 1 (2015)

PENGGUNAAN STRATEGI SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

Aji Bagus Priyambodo (Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan strategi self management untuk meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa baru. Subjek penelitian adalah 20 mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang memiliki self-regulated learning kategori rendah dan sangat rendah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 16 for windows dengan menggunakan independent samples t test, dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t = 6,071 dengan signifikansi = 0,00. Signifikansi  0,00 < 0,05, maka penggunaan strategi self management dapat meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa baru. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan self-regulated learning yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan pada kelompok kontrol. Kata-kata kunci : strategi self management, self-regulated learning

Copyrights © 2015