Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Vol. 14 No. 01 (2025): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan

ANALISIS PERAN NILAI KONSUMEN DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK, HARGA, INOVASI DAN MINAT PEMBELIAN PRODUK ECO-PRINTING

Sriayudha, Yayuk (Unknown)
Yuniarti, Yenny (Unknown)
Roza, Suswita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan kesadaran konsumen terhadap dampak lingkungan. Minat beli konsumen mulai beralih pada produk-produk yang mengedepankan keberlanjutan salah satunya produk eco-printing. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis: (1). Pengaruh kualitas produk, harga dan inovasi terhadap minat pembelian produk ecoprinting, (2). Pengaruh kualitas produk, harga produk dan inovasi produk terhadap minat pembelian produk eco-printing dengan dimediasi oleh nilai konsumen, dan (3). Pengaruh nilai konsumen terhadap minat pembelian produk eco-printing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah konsumen pengguna produk eco-printing. Sampel berjumlah 200 responden. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling dengan alat analisis PLS3. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan inovasi dan harga produk terhadap nilai konsumen. Inovasi, harga produk dan nilai konsumen juga berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian. Namun kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai konsumen. Nilai memediasi dengan baik hubungan inovasi, harga, kualitas produk dan minat pembelian. Diharapkan model penelitian ini menghasilkan kajian teoritis dan empiris terkait model minat pembelian produk ramah lingkungan sehingga kajian ini dapat menjadi masukan bagi konsumen, pemasar, pelaku usaha, pembuat kebijakan dan akademisi sebagai referensi rujukan untuk penelitian selanjutnya

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mankeu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan ...