Abstrak — PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar diIndonesia, memerlukan aplikasi pelatihan Internet of Things (IoT) yang interaktif dan imersif untukmempersiapkan karyawan dalam mengimplementasikan teknologi IoT. Penulis, bersama tim pengembang,merancang dan mengembangkan aplikasi Pelatihan IoT Berbasis Virtual Reality untuk Telkom. Teknologi VirtualReality (VR) dipilih karena menawarkan solusi ideal dengan menyediakan lingkungan belajar yang realistisdan menarik. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Agile karena kecepatan dan fleksibilitasnya,memungkinkan adaptasi terhadap perubahan kebutuhan dan menghasilkan aplikasi VR berkualitas tinggi dalamwaktu singkat. Penulis berpartisipasi dalam pengembangan aplikasi pelatihan IoT berbasis VR padabagian persiapan dan perencanaan perangkat IoT. Fiturfitur yang dikembangkan telah berhasil lolos pengujianblack box testing. Apliakasi Pelatihan IoT Berbasis Virtual Reality sudah dipresentasikan kepada klien,menerima umpan balik dari kelien dan diserahkan bersamaan dengan Berita Acara Serah Terima (BAST). Kata kunci— Internet of Things, Virtual Reality, Agile
Copyrights © 2025